• 30 JAN 20
    • 0
    KMKP RSUD Kabupaten Jombang Menuju Smart Hospital

    KMKP RSUD Kabupaten Jombang Menuju Smart Hospital

    Komite Mutu dan Keselamatan Pasien (KMKP) RSUD Jombang pada hari Kamis 30 Januari 2020 mengadakan “Bimbingan Teknis Sistem Manajemen Pengelolaan Data Mutu dan Keselamatan Pasien” di ruang pertemuan Wahab Hasbullah yang bertujuan agar seluruh PIC data mutu dan keselamatan pasien beserta kepala ruangan dan wakil kepala ruangan mampu secara teknis melaksanakan pengelolaan data mutu dan keselamatan pasien sesuai ketentuan yang berlaku.

    Bimbingam Teknis ini dimulai dengan Pre Test, kemudian langsung memasuki materi pertama yaitu Mutu oleh dr. Eky Indyanty WL., MMRS., Sp.PK. Yang kedua materi tentang Keselamatan Pasien oleh dr. Ulfah Khannatul Izzah., M.KP ditemani oleh Imroatul Nurul Azizah., S.Kom yang memaparkan pelaporan IKP berbasis online. Pemateri terakhir yaitu Bekti Setiawan., S.Kep,Ns yang mempresentasikan Manajemen Risiko.

    Hal yang paling penting dalam pengumpulan data adalah melakukan identifikasi dari prosedur, proses dan hasil dari hal-hal yang akan dinilai. Agar kegiatan peningkatan mutu dan keselamatan pasien di RSUD kabupaten Jombang dapat sesuai visi dan misinya.

    Adapun langkah-langkah yang dilakukan untuk mengukur indikator mutu tersebut adalah dengan cara : pembuatan profil indikator mutu, pembuatan formulir pengumpulan data, validasi data, rekapitulasi pengumpulan data, analisis data, analisis akar masalah, dan rencana tindak lanjut serta pelaporan indikator mutu dan penyusunan PDSA.

    Berkaitan dengan hal tersebut, untuk memudahkan petugas mutu dan keselamatan pasien perlu adanya persamaan persepsi secara teknis dalam pengumpulan dan
    pengelolaan data mutu dan keselamatan pasien pada masing–masing unit dan instalasi.

     

     

    Leave a reply →

Leave a reply

Cancel reply