Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Jombang, menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) pada Jumat (28/2/2025) di Ruang Rapat Bung Hatta. Forum ini bertujuan untuk meninjau dan meningkatkan standar pelayanan publik guna memastikan layanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat.

Wakil Direktur Umum dan Keuangan RSUD Jombang, Mulya, menyampaikan berbagai rekomendasi hasil review standar pelayanan publik. Langkah ini diambil untuk memastikan pelayanan rumah sakit selalu memenuhi standar nasional dan harapan masyarakat.

"RSUD Jombang adalah rumah sakit kelas B yang berstatus sebagai rumah sakit pendidikan. Dengan akreditasi Bintang Lima (Paripurna) untuk periode 2022-2026, rumah sakit ini menjadi rujukan regional di Jawa Timur bagian tengah, melayani masyarakat dari Jombang, Nganjuk, Kediri, hingga Kota Batu," ucap Mulya.

Sebagai bentuk komitmen terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas, RSUD Jombang terus mengembangkan sistem layanan yang lebih terintegrasi melalui pendidikan, penelitian, serta peningkatan sarana dan prasarana. Berdasarkan review yang dilakukan, terdapat 12 jenis pelayanan utama yang tetap berjalan, di antaranya Instalasi Gawat Darurat, Rawat Inap, Rawat Jalan, ICU, Radiologi, Patologi Klinik, hingga Instalasi Dialisis dan Farmasi.

Mulya menegaskan bahwa tujuan dari rekomendasi ini adalah untuk meningkatkan aksesibilitas dan kualitas layanan kesehatan di RSUD Jombang agar masyarakat mendapatkan perawatan yang optimal.

"Forum ini menjadi wadah penting dalam menyerap aspirasi masyarakat serta memastikan standar pelayanan publik tetap sesuai dengan kebutuhan dan harapan mereka," ujar Mulya.

Lebih lanjut, ia menambahkan bahwa RSUD Jombang akan terus melakukan inovasi dan perbaikan layanan agar semakin transparan serta meningkatkan kepercayaan masyarakat. Dengan berbagai langkah yang telah dirancang, rumah sakit ini bertekad untuk menjadi fasilitas kesehatan rujukan yang dapat diandalkan oleh masyarakat di Jawa Timur bagian tengah, khususnya di Kabupaten Jombang.

Melalui forum ini, RSUD Jombang menegaskan komitmennya untuk terus meningkatkan mutu pelayanan, memperbarui fasilitas kesehatan, serta meningkatkan kompetensi sumber daya manusia agar dapat memberikan pelayanan kesehatan yang profesional dan nyaman bagi semua lapisan masyarakat.